Semen Merah Putih Mulai Berkibar

Published on May 29, 2012 by   ·   No Comments
Share This Post To :
semen, merah putih, semen merah putih, semen indonesia

INILAH.COM, Jakarta – Meski sebagai pemain baru dalam industri semen Indonesia, PT Semen Merah Putih telah mematok target penjualan hingga satu juta ton per tahun.

“Tahun ini kami siap pasok pasar satu juta ton dan akan terus bertambah tiap tahun,” kata Aan Selamat, Presiden Direktur Semen Merah Putih dalam keterangan persnya kemarin.

Aan menjelaskan, kebutuhan semen di Indonesia sedang naik drastis, dan ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. “Kami melihat pasar yang terbuka lebar, dan kehadiran kami bukan sebagai kompetitor, tetapi sebagai pilihan produk-produk yang telah lebih dahulu ada,” jelas Aan.

Berdasarkan data yang dilansir Departemen Perindustrian, kebutuhan semen secara nasional pada tahun 2011 mencapai 48 juta ton. Jumlah tersebut meningkat 17,7% atau 40,8 juta ton dibandingkan kebutuhan semen tahun 2010 lalu.

Saat ini semen Merah Putih diproduksi oleh Chinfon Cement Corporation Vietnam yang merupakan sister company dari PT Sarana Agra Gemilang (SAG), perusahaan yang telah lebih dahulu sukses menghidupkan kembali dan meningkatkan kualitas Semen Kupang. Grup ini sekarang sedang menyiapkan pabrik di kawasan Banten untuk terus meningkatkan kapasitas produksinya di Indonesia.

“Kami tidak khawatir dengan kualitas, karena semen kita terbukti dicari, konsumen nanti yang akan memutuskan,” ungkap Aan.

Terlebih, menurut Aan, semen ini juga telah mengantongi beberapa standart international di Vietnam. Aan juga menjelaskan bahwa semen Merah Putih telah teruji dalam beberapa proyek besar di Vietnam, seperti airport, pelabuhan, jembatan dan powerplant. “Salah satu proyek besar yang melibatkan kami adalah pembangunan Lach Huyen deep sea port project, senilai USD1 Billion,” tambah Aan.

Semen berlogo badak di tengah lingkaran ini telah masuk sebagian wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan dengan kemasan zak 40 kg dan 50 kg, dan seiring dengan waktu, Aan menjelaskan akan terus melakukan penetrasi pasar, sehingga Semen Merah Putih ini menjadi pilihan konsumen.

Chinfon Cement Corporation sendiri merupakan produsen semen asal Vietnam yang didirikan pada tahun 1992 dengan kapasitas 4,5 juta ton semen. Produsen semen ini beberapa kali mendapatkan penghargaan atas kualitas produknya, seperti Golden Dragon Prize 2010-2011 dari Vietnam Economic Times & Departemen Perencanaan dan Investasi sebagai Produk Terfavorit dan Berkualitas oleh konsumen.

Meski statusnya semen impor dari Vietnam, Aan menjamin harga produknya tidak akan mahal. “Tidak, hitung-hitungannya masuk, karena itu kita bidik pasar Indonesia,” kata Aan lagi.

Aan menambahkan kapasitas Chinfon saat ini 4,5 juta ton/tahun, dan 3,5 juta diserap Vietnam, selebihnya kita pasok untuk pasar Indonesia. [ast]

 

Tags:  , , ,

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
Random Posts :
Readers Comments (0)




Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*

Using this site indicates that you have read and accept our TERMS. If you do not accept these TERMS, you are not athorized to use this site