Tips Menjaga Kesehatan Mata

Published on Januari 2, 2010 by   ·   No Comments
Share This Post To :

Mata membutuhkan perlindungan dari efek yang merugikan dari lingkungan. Maka dari itu perlu menjaga kesehatan mata kita. Efek kerusakan muncul bila terlalu sering terpapar oleh sinar matahari, angin, debu, dan faktor lainnya. Dalam menjaga kesehatan mata ada 8 langkah penting untuk memastikan perlindungan yang baik untuk mata anda.

1. Selalulah Periksa Mata Secara Berkala
Ini bagus untuk mencegah dan mengobati masalah mata yang sudah ada. Jika anda menggunakan kontak lens pastikan agar benar benar bersih.

2. Makan Diet Seimbang Dengan Buah buahan dan Sayuran Segar
Makanlah makanan yang kaya nutrisi vitamin A, E dan C. Makanlah banyak wortel yang kaya beta karoten dan termasuk ikan yang tinggi omega 3. Coba secangkir brokoli karena ini jua baik untuk mata.

3. Merawat Kesehatan dan Sistem Kekebalan Tubuh
Hindari terlalu banyak merokok dan minum alkohol yang berlebihan karena hal ini dapat membuat mata anda terlihat lelah. Merokok mempunyai efek buruk pada peredaran darah di sekitar daerah mata. Jika anda memiliki diabetes, secara teratur cek-up karena jika diabaikan ini dapat mempengaruhi mata. Cobalah untuk juga menjaga tekanan darah dan kolesterol pada tingkat normal.

4. Lindungi Mata Dengan Kacamata Hitam atau Kacamata yang Sekurang kurangnya 95% Terlindung Dari UV
Memilih jenis kacamata dengan frame yang bagus untuk memastikan perlindungan penuh. Memakai topi, topi dan menggunakan payung untuk agar mata lebih teduh dan terlindungi dari panas. Gunakan kacamata pelindung ketika dalam berolahraga berat dan ketika bekerja dengan alat dan mesin berat.

5. Pastikan Untuk Selalu Memiliki Tangan yang Bersih Sebelum Menyentuh Mata Anda
Infeksi pada mata dapat dimulai dengan tangan yang tidak bersih. Juga, cobalah menghindari terlalu banyak menggosok mata. Gunakan saputangan yang bersih dan katun untuk membersihkan mata.

6. Ingatlah Ketika Membaca Harus Memperoleh Pencahayaan yang Baik
Dalam menonton TV, menggunakan layar anti-silau. Melakukan hal yang sama ketika menggunakan komputer. Dalam menggunakan komputer dapat menyertakan screen pelindung. Luangkan waktu sebentar untuk relaksasi dari pandangan komputer.

7. Melakukan Senam Mata Sederhana, Seperti Mata Berkedip Untuk Meringankan Stres
Berkedip membantu melumasi mata. Cobalah untuk menutup mata anda selama sekitar 5 menit untuk menjadi rileks dan mengurangi ketegangan mata. Punya waktu untuk istirahan mata sebanyak mungkin, akan sangat baik. Termasuk melihat sesuatu berwarna hijau, misalnya dedaunan.

8. Setelah Terasa Istirahat Sudah Cukup, Mencuci Mata Dengan Air Dingin Untuk Mengurangi Ketegangan Mata
Gunakan tetes mata jika diperlukan, tetapi harus sesuai dengan petunjuk dokter. Yang paling penting untuk diingat adalah, bahwa mata anda pantas mendapat perhatian khusus, sehingga anda dapat benar benar melihat kehidupan dan menghargai segala sesuatu yang ditawarkan oleh hidup.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
Random Posts :
Readers Comments (0)




Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*

Using this site indicates that you have read and accept our TERMS. If you do not accept these TERMS, you are not athorized to use this site