Jurus Singkat Memangkas Lemak

Published on Desember 16, 2009 by   ·   No Comments
Share This Post To :

Tak bisa dimungkiri bahwasanya kelebihan lemak akan sangat membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, banyak ahli kesehatan yang menyarankan agar konsumsi lemak sebisa mungkin tidak berlebihan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda mengikuti tips berikut ini.

1. Pilih Wajan Anti Lengket.
Menumis diwajan antilengket sama sekali tidak membutuhkan minyak. Kalaupun ingin memakai minyak, gunakan botol yang memiliki sprayer di ujungnya. Semprotkan sekedarnya di atas teflon. Umumnya, jika resep menganjurkan menggunakan 1 sendok makan minyak, bisa diturunkan menjadi 2 sendok teh saja. (1sdm = 3sdt).

2. Gunakan Produk Rendah Lemak.
Makanan full lemak memang enak. Namun, sebaiknya pilih yang kadar lemaknya sudah dikurangi. Rasanya tetap enak, namun lebih sehat. Dalam kemasan, biasanya tertera keterangan tersebut (reduced-fat).

3. Batasi Penggunaan Kuning Telur.
Mengurangi jumlah kuning telur hingga 25-30 % saat memasak dapat mengurangi lemak. Masakan anda pun akan tetap lezat.

4. Pilih Menu Udang.
Dalam hitungan menit, udang dapat dihidangkan. Misalnya ditumis atau direbus sebagai santap malam yang sehat dan lezat.

5. Tambahkan Bumbu.
Rempah bisa memeriahkan rasa masakan anda. Selain itu, juga mengusir lemak dan kalori. Misalnya beri perasan lemon, jeruk nipis atau jeruk biasa pada sayuran. Bisa juga menaburkan tarragon di atas salad. Jika memasak dengan sejumlah rempah, pastikan penggunaannya di akhir memasak agar rasanya tidak hilang.

6. Variasikan Sayur & Buah.
Menyantap makanan sehat dan kaya serat akan membantu diet. Anda akan merasa kenyang tanpa tambahan lemak.

7. Camilan Ringan.
Jangan lupakan camilan sehat. Coba masukkan buah stroberi dalam campuran reduced-fat yoghurt dan brown sugar. Rasanya pasti segar.

8. Biasakan Memasak Dengan Cara Dikukus & Dipanggang.
Masakan yang digoreng memang lebih lezat. Tapi coba bayangkan berapa banyak minyak yang terserap selama proses penggorengan itu. Coba mulai sekarang matangkan bahan makanan dengan cara dikukus atau dipanggang, pasti lebih sehat.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
Random Posts :
Readers Comments (0)




Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*

Using this site indicates that you have read and accept our TERMS. If you do not accept these TERMS, you are not athorized to use this site