Jangan Biarkan Jantho Kesepian

Published on Mei 6, 2012 by   ·   No Comments
Share This Post To :
jantho, aceh besar, banda aceh, aceh

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar mulai Jumat, 27 April hingga Sabtu, 5 Mei 2012, mengadakan aneka kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-28 Kota Jantho. Kegiatan yang dilakukan antara lain, gotong royong, karnaval, pameran pembangunan, hingga pertunjukan kesenian rakyat.

Bersamaan dengan itu, dua hari lalu, Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten setempat menetapkan pasangan Mukhlis Basyah/Drs Syamsulrizal MKes, sebagai bupati/wakil bupati terpilih periode 2012-2017. Pasangan yang diusung Partai Aceh (PA) ini unggul dengan perolehan 53.789 suara (30,16 persen) dari suara sah dalam pilkada Aceh Besar.

Mengomentari atas terpilih dirinya sebagai bupati, Mukhlis Basyah, mengajak semua elemen masyarakat Aceh Besar, terutama para pasangan kandidat yang disebut sebagai sahabatnya, agar ikut bersama dan berkolaborasi membangun perekonomian masyarakat Aceh Besar.

Kembali ke soal ulang tahun Kota Jantho. Lama sekali kita tidak menyorot keadaan ibukota Aceh Besar ini. Maka, mari kita bahas masalah Kota Jantho bertepatan dengan ulang tahunnya serta terkait pula dengan terpilih bupati dan wakil bupati baru.

Di usia yang sudah mencapai 28 tahun, harusnya Jantho sudah menjadi sebuah kota yang denyut ekonomi terasa bergairah. Namun, yang kelihatan, ibukota kabupaten di perbukitan itu hari-hari dan malam-malam, sepi sendiri. Hanya sebagian kecil yang rela menghuni Kota Jantho. Selebihnya, terutama para pegawai, hanya datang beberapa jam saja pada siang hari, kemudian meninggalkan Kota Jantho.

Sepi tak banyak penghuni, menjadi satu penyebab kota itu tak maju-maju. Pada malam hari, suasananya jauh lebih ramai ibukota kecamatan ketimbang ibukota kabupaten ini.

Dalam beberapa kali pergantian bupati sebelumnya, salah satu janjinya adalah meramaikan Kota Jantho. Bupati, para pejabat, dan pegawainya diharuskan berdomisili di Jantho. Ternyata, tak ada yang berjalan. Hingga kini, suasana Jantho tetap kesepian.

Maka, sebagai bupati yang terpilih dalam satu putaran, Mukhlis Basyah harus memberi perhatian khusus untuk meramaikan Jantho.

Beberapa terobosan yang mungkin bisa dilaksanakan di antaranya mempercepat penyelesaian jalan lintas Jantho-Keumala (Pidie) dan ruas Jantho-Lamno (Aceh Jaya). Selain itu, merintis kembali penataan kawasan perkotaan di sekitar ibu kota kabupaten, misalnya membangun jalan dua jalur secara rapi.

Selain itu, guna menciptakan “magnet” bagi masyarakat untuk datang ke Jantho, maka perlu ada terobosan semisal membangun kebun agrowisata, kolam pancing ikan air tawar, dan semacamnya. Jika itu bisa dibangun dan dikelola secara profesional, maka Jantho akan menjadi sasaran rekreasi warga Kota Banda Aceh pada setiap akhir pekan.

Jadi, meramaikan Kota Jantho, untuk tahap awal tak perlu dengan program yang muluk-muluk. Tapi, disesuaikan saja dengan “kocek” yang tersedia serta selera masyarakat.

 

Source: SerambiNews

Tags:  , ,

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
Random Posts :
Readers Comments (0)




Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*

Using this site indicates that you have read and accept our TERMS. If you do not accept these TERMS, you are not athorized to use this site