Chatting di Facebook, Waspadai Serangan Virus Baru

Published on Juni 18, 2012 by   ·   No Comments
Share This Post To :
virus baru pada facebook

San Fransisco – Anda gemar bercakap-cakap melalui fitur chatting dalam Facebook? Hati-hati dengan persebaran virus komputer baru.

Perusahaan keamanan Internet Trend Micro mengumumkan pentingnya kewaspadaan setelah menengarai virus komputer baru menyebar melalui jendela chat di Facebook.

Jendela pop-up, digunakan untuk berbincang antar orang perorang, muncul dengan pesan dari ”teman” yang menghubungkan ke situs tertentu. Mengklik link situs itu akan berbuah virus yang menginfeksi PC, dengan label Steckt.Evl.

Menurut Trend Micro, virus ini langsung menonaktifkan dan menghapus anti-virus, kemudian menyebar dengan sendirinya dengan membuka jendela chatting di Facebook pengguna.

“Worm ini menyebar melalui aplikasi instant messaging dan situs jaringan sosial,” kata pakar keamanan Trend Micro yang menemukan ancaman baru. ”Pesan instan ini adalah link yang men-download salinan dari dirinya sendiri.”

Seperti banyak ancaman internet baru lainnya, hal pertama yang dilakukan worm adalah menonaktifkan program yang mungkin mendeteksi dan menghancurkannya. Setelah terhapus, ia melanjutkan langkah dengan men-download perangkat lunak pada komputer yang sudah terinfeksi lebih lanjut.

“Ini mengakhiri proses atau jasa yang sebagian besar terkait dengan program anti-malware,” tulis Trend Micro.

Seperti ancaman lain, tujuannya adalah untuk ”mengontrol” PC yang terinfeksi – baik untuk mencuri informasi sensitif seperti rincian bank atau menggunakan  mesin sebagai bagian dari jaringan serangan cyber skala besar.

Source: Tempo

Tags:  , ,

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
Random Posts :
Readers Comments (0)




Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*

Using this site indicates that you have read and accept our TERMS. If you do not accept these TERMS, you are not athorized to use this site