AS Ancam Potong Bantuan untuk Palestina

Published on Juli 12, 2012 by   ·   No Comments
Share This Post To :
OF0UMcCVYZ

RAMALLAH – Kepala Komite Politik Dewan Nasional Palestina Khaled Mesmar melaporkan adanya ancaman pemotongan bantuan finansial ke Palestina yang dilontarkan pejabat Amerika Serikat (AS). Pemotongan bantuan itu siap diberlakukan bila Palestina kembali ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menuntut pembaharuan status keanggotaan.

Ancaman itu dilontarkan langsung oleh utusan AS yang berkunjung ke Kota Ramallah, Palestina dan bertemu dengan Presiden Mahmoud Abbas. Bersamaan dengan itu, Mesmar menegaskan bahwa Palestina akan berhenti menuntut pembaharuan status di PBB bila Israel menghentikan pembangunan pemukiman, dan membebaskan para tahanan Palestina yang di tahan sebelum Perjanjian Oslo 1993 dibentuk.

Proposal keanggotaan Palestina di PBB pada September 2011 sudah diblokir oleh Negeri Paman Sam. Delegasi AS pun mendesak seluruh delegasi lainnya agar tidak ikut dalam voting tersebut. Demikian, seperti diberitakan imemc, Kamis (12/7/2012).

Sejauh ini, pembangunan pemukiman yang dilakukan Israel menjadi penyebab utama dari terhentinya negosiasi Israel dan Palestina. Meski pembangunan itu dianggap ilegal oleh Konvensi Jenewa dan Resolusi Dewan Keamanan PBB, Israel tetap tidak patuh dan terus melanjutkan proyek itu.

AS pun menuntut Otoritas Palestina agar tetap melanjutkan dialog tanpa melontarkan persyaratan. Sementara itu Mesmar menegaskan kembali, penghentian proyek pemukiman itu bukanlah prasyarat dari kelanjutan negosiasi, hal itu adalah bentuk dari komitmen yang harus ditaati Israel.

Negeri Paman Sam selalu memandang upaya Palestina yang bergerak ke PBB sebagai tindakan unilateral (sepihak). AS pun sempat memotong bantuan ke Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa Bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO), ketika UNESCO menerima Palestina sebagai anggotanya.
(AUL)

Tags: 

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
Random Posts :
Readers Comments (0)




Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*

Using this site indicates that you have read and accept our TERMS. If you do not accept these TERMS, you are not athorized to use this site